BINUS KEMBANGKAN APLIKASI UNTUK DISPENDIK DKI

Sep Wed, 2016

Dalam rangka menjalankan program 3 plus 1, yaitu program yang dikembangkan oleh BINUS UNIVERSITY kepada mahasiswanya, berupa program tiga tahun kuliah dan satu tahun praktik di lapangan, Dicky Prionggo yang merupakan jurusan Teknik Informatika bersama dengan Yeremia Satria Sugiharto jurusan Mobile Application and Technology berhasil membuat sebuah aplikasi yang tujuannya membantu Dinas Pendidikan DKI dalam rangka praktik lapangan.

Dicky dan Yeremia diminta untuk membuat sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah Dispendik untuk memonitoring absen hanya dengan sebuah aplikasi yang dapat dijalankan di mobile maupun di desktop. Aplikasi tersebut dinamakan Attandance Monitoring untuk ujian sekolah/ madrasah berstandar daerah (USMBD).

Aplikasi tersebut dibagi menjadi 2 kategori, yaitu operator sekolah yang digunakan tata usaha sekolah untuk input absen, input kehadiran, serta input berita acara. Dan katagori yang lainnya adalah penilik. Penilik disini merupakan anggota dari Dinas Pendidikan dari koordinasi kecamatan, wilayah, maupun daerah yang  dapat melihat seluruh rekap semua sekolah di DKI Jakarta.

Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk lebih meminimalisir waktu yang digunakan para operator sekolah untuk menginput data, input kehadiran, serta berita acara yang tadinya dilakukan secara manual, karena kepala Dispendik sendiri memerlukan data yang cepat dan real time, sehingga dengan diciptakannya aplikasi ini memudahkan para user dari input manual ke input digital.

Dicky dan Yeremia mengerjakan aplikasi tersebut selama 3 minggu dengan bantuan dosen pembimbingnya yaitu Ibu Sonya R. Mandu, dan ini merupakan project pertama mereka membuat sebuah aplikasi untuk program pemerintahan. Selain Dicky dan Yeremia ada 18 mahasiswa BINUS yang juga memberikan kontribusi mereka ke Dispendik, khususnya dalam bidang information technology (IT). Ada enak aplikasi yang kini dikembangkan seperti Internship and Industrial Relationship Coordinator, CCTV, Resepsionis, logistic, surat, sosialisasi Kartu Jakarta Pintar, Arsip, serta Kepegawaian.

Harapannya dengan adannya aplikasi ini, BINUS UNIVERSITY dapat membantu Dispendik meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, serta mutu pendidikan di Indonesia (PM).

 

#GreaterNusantara

You need to register to post a comment